Tips Memelihara dan Melatih Burung Perkutut

Tips Memelihara dan Melatih Burung Perkutut

Dalam pelihara burung perkutut, pemilihan burung piyik adalah langkah awal yang bisa dilaksanakan dimana kamu bisa membeli piyik bersama harga yang murah lalu memeliharanya.
Selama masa pemeliharaan kamu bisa belajar memahami kebiasaan, sifat, perawatannya, makanannya, aspek suaranya dan sebagainya.

Setelah burung perkutut yang suara pelihara tumbuh jadi besar dikehendaki kamu udah mengenal dan memahami ada pergantian atau pertumbuhan irama dan mutu suaranya.
Bila kamu udah menguasai hal ini kamu bisa membeli piyik lain bersama harga yang lebih mahal bersama target yang mirip yaitu untuk memahami ada pergantian atau pertumbuhan irama dan mutu suaranya.
Dengan menguasai bidang ini kamu tidak dapat mudah tertipu bersama penjaja burung perkutut yang menjajakan burung perkutut mahal tapi miliki mutu suara yang tidak cukup bagus.

Blood line atau darah
Sebagian besar penggemar burung perkutut selamanya menyatakan bahwa “Trah” atau unsur darah keturunan yang mengalir pada burung perkutut amat memilih mutu dari burung perkutut.
Namun lebih dari satu penggemar burung yang lain meyakini bahwa bersama jalankan “crossing”, mutu dari burung perkutut bisa ditingkatkan.
Maka dari itu sebelum saat kamu menentukan untuk membeli piyik, maka sebaiknya kamu memahami bahwa piyik yang dapat kamu beli miliki aliran darah yang bagus dan jelas. Namun selamanya saja kamu perlu perhatikan mutu suaranya secara langsung Jenis Katuranggan Perkutut .

Latihan bersama atau lomba
Anda bisa mengunjungi acara latihan bersama atau lomba burung. Di sana kamu bisa belajar dan mengamati variasi suara dari jenis-jenis burung yang diperlombakan, terlebih burung perkutut bangkok.

Selain itu kamu termasuk bisa bertanya ke penggemar perkutut yang kamu rasa senior. Anda bisa bertanya tentang tips ataupun informasi pada penggemar burung tersebut.
Anda termasuk bisa bertanya tentang saran atau saran tentang tempat penjaja burung perkutut yang berkualitas. Dengan hal ini kamu beroleh informasi tambahan sehingga kamu tidak dapat mudah ditipu oleh penjaja burung perkutut yang menawarkan burung perkutut bersama harga yang gila-gilaan.

Peternak

Sumber : Obatternak.com
Bila kamu mendambakan membeli burung perkutut indukan, kamu bisa mengunjungi peternak burung untuk memilih dan membeli bibit perkutut. Untuk kala ini tersedia banyak peternak burung yang tersebar di Indonesia, mulai dari peternak burung bersama skala kecil hingga peternak burung bersama skala nasional hingga ekspor.

Sebelum membeli bibit burung perkutut sebaiknya kamu mengunjungi beragam macam peternakan untuk membandingkan peternakan mana yang menjajakan bibit burung perkutut bersama mutu yang bagus tapi bersama harga yang lebih terjangkau.
Tidak semua peternak kecil mempunyai mutu burung yang jelek, dan tidak semua peternak besar mempunyai mutu burung yang bagus. Semua tergantung dari kekuatan kamu didalam mengamati mutu bibit burung perkutut.

Jangan risau untuk menggunakan kala yang lama untuk mendengarkan suara perkutut yang dapat kamu pilih. Untuk peternak burung besar biasanya menjajakan burung perkutut yang mempunyai ciri khas piyik cocok bersama selera penjual.
Misalnya penjaja burung menyukai burung perkutut bersama suara cowong, maka bisa dipastikan burung perkutut yang dijual biasanya adalah burung perkutut bersama suara yang cowong.

Peternak besar biasanya udah beternak setidaknya selama 2 th. lebih sehingga udah mempunyai anakan yang berasal dari induknya.
Sedangkan indukan yang dijual biasanya cuma untuk memenuhi permintaan atau cuma bermanfaat sebagai pelengkap.
Untuk peternak yang baru menjalani biasanya miliki induk yang bervariasi. Peternak ini tengah mencari-cari bentuk induk yang pas bersama seleranya. Untuk pedagang ini biasanya menjajakan piyik bersama mutu yang sam bersama peternak burung besar tapi bersama harga yang lebih murah.

Calon Indukan
Sebaiknya kamu membeli indukan burung perkutut bersama umur yang pas sehingga lebih cepat membuahkan anakan, yaitu indukan bersama umur 4 bulan untuk perjodohan. Bila perjodohan berhasil maka pada umur 5-7 bulan indukan ini udah bisa bertelur.
Untuk burung perkutut jantan yang dijodohkan sebaiknya miliki umur 1 bulan lebih muda daripada indukan betina sebab burung perkutut jantan yang lebih tua cenderung lebih agresif dan mengejar-ejar indukan betina. Selain itu calon indukan termasuk perlu miliki suara yang bagus.

Ciri-ciri suara indukan yang bagus diantaranya :
Memiliki suara awal, tengah dan ujungnya yang mirip bagusnya dan tidak terputus-putus.
Irama suaranya agak renggang bersama ketukan.
Tidak miliki suara yang serak dan basah. Latar atau air suaranya cowong dan tembus baik yang bervolume kecil atau besar.
Anda perlu memastikan bahwa burung perkutut kamu miliki aliran trah darah bersama silsilah yang jelas.
Memiliki bentuk tubuh yang cocok dan tidak miliki cacat fisik.
Crossing

Bila kamu udah menemukan calon indukan perkutut jantan dan betina yang cocok maka kamu bisa membuahkan perkutut yang mutu suaranya lebih bagus bersama langkah menyilangkan pasangan perkutut berdasarkan dasar suaranya masing-masing.
Dengan hal ini kamu dapat mempraktekkan pengetahuan crossing yang barangkali udah kamu pelajari melalui buku, ataupun bersama bertanya langsung pada penggemar burung yang lebih senior dari kamu yang sudah pasti udah lebih berpengalaman didalam hal ini.
Bila kamu tidak sudi direpotkan bersama metode penyilangan yang pas maka kamu bisa membeli saudara dari burung perkutut yang bagus. Namun kendati miliki harga yang amat mahal tapi mutu suaranya tidak dapat mirip bagusnya bersama yang asli.
Kandang

Setelah kamu menemukan calon indukan yang cocok bersama selera kamu maka langkah setelah itu ayng perlu kamu perhatikan adalah masalah kandang. Tidak tersedia rumus yang tentu tentang ukuran kandang burung perkutut yang baik.
Yang paling penting dari kandang burung perkutut adalah besarnya ukuran kandang, banyaknya burung perkutut yang dapat kamu pelihara dan luasnya lahan untuk wilayah kandang tersebut. Anda bisa membawa dampak kandang bersama memakai bahan besi, kayu, atau aluminium cocok bersama selera ataupun kekuatan anggaran anda.

Untuk menghimpit cost pembuatan kandang biasanya peternak burung memakai bahan kawat. Yang paling penting adalah posisi kandang sebaiknya tidak diubah-ubah atau dipindah terlebih jika burung perkutut udah bertelur atau berada didalam masa pengeraman.
Ukuran kandang yang ideal adalah lebar 60 cm x panjang 75 cm x tinggi 60 cm. kamu bisa memakai lantai yang berpasir, bersemen, ataupun tanah biasa. Sedangkan untuk bahan atap kamu bisa memakai bahan asbes, seng atau bahan genting.
Usahakan sehingga jarak pada lantai dan atap tidak amat berdekatan sehingga kandang beroleh kelembaban yang cukup, tidak amat panas, dan beroleh cukup sinar matahari. Usahakan sehingga kandang jauh dari jangkauan tikus dan kucing.
Posisi kandang sebaiknya jauh dari sumber suara yang berisik, tapi termasuk jangan di tempatkan di tempat yang jarang dikunjungi orang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.