Uncategorized

Cara Mengatasi Performa Laptop Yang Semakin Lemot

piratopia.org – Di era teknologi seperti halnya saat ini, penggunaan laptop memang sudah menjadi alat bantu yang penting untuk mendukung sistem pembelajaran maupun pekerjaan. Namun tak jarang pula jika semakin lama laptop tersebut digunakan tentu juga akan mengurangi performa sebuah perangkat itu sendiri. Umumnya laptop akan mengalami lemot atau melambat pada setiap kali proses loading.

Cara Mengatasi Performa Laptop Yang Semakin Lemot
Cara Mengatasi Performa Laptop Yang Semakin Lemot

Permasalahan ini tidak bisa dianggap sepele, mengingat hal-hal tersebut jika dibiarkan justru akan menambah permasalahan. Oleh karena itu kita membutuhkan solusi yang bisa digunakan untuk mengembalikan performa laptop Anda seperti sedia kala. Adapun beberapa cara yang bisa Anda pergunakan, dan berikut beberapa cara mengatasi laptop lemot secara mandiri.

Mengatasi Perangkat PC Atau Laptop Yang Mulai Melambat

Melambatnya performa pada perangkat PC sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal. Maka dari itu kita sebagai pengguna wajib untuk dapat mengetahui mengenai spesifikasi dari setiap perangkat yang kita miliki. Mengingat perbedaan spesifikasi juga berpengaruh pada penggunaannya. Misal untuk aktifitas editing, kita memerlukan perangkat laptop yang memiliki spesifikasi tinggi.

Spesifikasi tinggi yang dimaksud meliputi kecepatan processor, jumlah memori RAM, penginstalan sistem operasi yang sesuai, dan beberapa hal lainnya. Sebab kita tidak bisa memaksakan atas minimnya spesifikasi perangkat, yang kemudian akan digunakan untuk keperluan-keperluan yang berat. Seperti editing video, desain grafis, gaming dan sebagainya.

Oleh karena itu kita perlu menyetarakan dan menyesuaikan tingkat spesifikasi dengan penggunaanannya. Jika membahas mengenai hal tersebut, berikut ini ada beberapa informasi mengenai beberapa cara yang bisa Anda pergunakan untuk mengatasi permasalahan pada laptop yang mengalami penurunan performa alis lemot.

1. Copot Pemasangan Atau Uninstall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Semakin banyak aplikasi yang terinstall, tentu juga akan berpengaruh besar pada keadaan performa. Umumnya lemot sering terjadi karena kapasitas pada drive C menjadi penuh karena banyaknya aplikasi yang terinstall di dalamnya. Sehingga hal ini dapat membuat sistem mengalami permasalahan saat membaca hard disk. Dan cenderung membutuhkan waktu yang cukup lama.

2. Memakai Protection Berupa Antivirus

Salah satu alasan yang juga bisa menjadikan perangkat laptop berubah lemot adalah infeksi virus maupun malware. Tak jauh berbeda dengan manusia, laptop juga bisa jatuh sakit yang berakibat pada penurunan performa. Namun virus sendiri sebenarnya dapat diatasi dengan cukup mudah, yakni menggunakan software antivirus.

3. Membersihkan Startup

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menaruh banyak aplikasi juga akan mengurangi performa. Mengingat hampir semua aplikasi akan membutuhkan akses pada setiap kali laptop nyala atau start. Maka dari itu kita perlu sering-sering membuka startup, dan paling tidak kurangi aplikasi-aplikasi yang sekiranya berjalan pada saat startup.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Rambut Rusak

Itulah beberapa cara mengatasi laptop lemot secara mandiri. Jadi Anda bisa menggunakan beberapa metode di atas untuk dijadikan sebagai acuan dalam meningkatkan performa laptop seperti sedia kala.