Uncategorized

Cara Memperbaiki Rambut Rusak

piratopia.org – Siapa yang tidak menginginkan memiliki rambut indah, panjang, bervolume, sekaligus hitam? Umumnya setiap orang terutama wanita akan melakukan banyak cara untuk mendapatkan keindahan yang diinginkan. Banyak orang melakukan berbagai styling, seperti menggunakan catokan atau hair curler, mengecat, hingga bleaching. 

Sayangnya berbagai aktivitas tersebut akan membuatnya semakin kering dan rusak. Bagi yang sedang mengalami kerusakan, Anda bisa mencoba cara memperbaiki rambut rusak yang akan dibahas di bawah ini. 

Tips Memperbaiki Kerusakan 

1. Menggunakan sampo dan kondisioner secara tepat

Gunakanlah sampo dan kondisioner sesuai dengan kebutuhan. Untuk perawatannya, Anda bisa menggunakan sampo berlabel moisturizing untuk menjaga kelembapan. Jangan keramas terlalu sering, cukup 2 hari sekali. 

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan kondisioner setelah penggunaan sampo. Kondisioner bisa memberikan kelembapan secara mendalam. Cara menggunakannya pun terbilang mudah yaitu dengan mengoleskannya dari tengah sampai ujung. 

2. Menggunakan masker rambut

Gunakan produk ini setidaknya 2 kali seminggu untuk memperoleh hasil perawatan dengan maksimal. Gunakan masker berbahan alami seperti lidah buaya, madu, atau alpukat. Jika ingin menggunakan produk lain, pastikan memilih dengan kandungan vitamin dan nutrisi lainnya untuk mengurangi kerusakan. 

3. Gunakan vitamin

Penggunan vitamin ini dapat membantu mengembalikan kesehatan rambut. Gunakan setelah selesai keramas dengan keadaan setengah kering.

4.  Gunakan minyak zaitun

Minyak zaitun berfungsi untuk memberikan kelempaban dan mengurangi iritasi pada kulit kepala. Gunakan pada ujung rambut rusak dan diamkan semalaman. Anda tetap harus berhati-hati ketika menggunakannya, jangan sampai terkena kulit kepala sebab dapat membuat kulit kepala berminyak. 

5. Perbaiki pola makan

Makanan memiliki peran penting pada kesehatan kulit kepala. Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau dengan banyak zat besi, seperti kale serta bayam. Selain itu, konsumsi pula makanan berprotein tinggi mulai dari ikan, telur, daging ayam, brokoli, serta asparagus untuk memperkuatnya. 

6. Perhatikan penggunaan handuk

Banyak orang tidak menyadari apabila penggunaan handuk dapat mempengaruhi kesehatan. Pastikan tidak menggunakannya terlalu kasar karena gesekan terlalu kuat akan menyebabkan batang rambut semakin rusak dan mudah patah. Pilihlah kain handuk lembut dan gunakan dengan menekan pelan saat ingin mengeringkan. 

7. Lakukan trimming secara rutin

Anda dapat melakukan trimming atau memotong bagian ujung rambut yang sudah mengalami kerusakan, kemerahan, serta kering. Langkah ini dapat menghentikan pertumbuhan yang sudah rusak. Akan tetapi, Anda tetap harus melakukan perawatan lainnya. waktumain

8. Hindari penggunaan alat penata panas

Apabila ingin menatanya, kurangi penggunaan alat-alat yang bisa menambah kerusakan seperti alat catok serta hair dryer. Jika memang butuh  menggunakan alat tersebut, Anda dapat memakai serum terlebih dahulu.

Baca Juga : Dijamin Ampuh! Inilah Cara Menghapus Activate Windows 10

Itulah beberapa cara memperbaiki rambut rusak yang bisa Anda lakukan di rumah. Pastikan  melakukan langkah-langkah di atas secara rutin agar memperoleh hasil maksimal. Semoga tulisan ini bermanfaat!